7572bf41041448dc16ea8b182b2ffe7a

Pesantren Luhur Malang

Sejarah dan Profil

Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang

  1. 1.      Sejarah Lembaga Tinggi Pesatren Luhur

Berdasarkan majalah NU (Nadhatul ‘Ulama) yang terbit pada tahun 1940, pada tahun 1939 terlaksana konggres umat Islam ke-2 di Solo. Konggres tersebut dihadiri oleh 25 orang ulama’ besar dari berbagai organisasi Islam yang ada di Indonesia, antara lain PSII, Muhammadiyah Yogyakarta, PERSIS, NU Surabaya, Al-Irsyad dan sebagainya. Konggres tersebut menghasilkan keputusan mengenai Pesantren Luhur.

Nama Pesatren Luhur bukanlah nama yang diberikan oleh para pendiri Pesantren Luhur yang ada di Malang, melaikan sudah sejak dari dulu, yang dilahirkan oleh organisasi Islam se-Indonesia tersebut. Dokumentasi tentang keputusan rencana mendirikan pesatren Luhur di berbagai kota besar diberikan oleh Prof. Dr. KH. Ahmad Mudlor, SH. kepada Prof. Dr. KH. Moh. Khoesnoe yang untuk selanjutnya di sampaikan kepada sekjen Depag yaitu Bapak H. Moh. Anshor (Mertua Prof. Khoesnoe). Pada waktu itu menteri agama dijabat oleh KH. Syaifuddin Zuhri. Karena beliau tertarik dengan gagasan tersebut, maka dikalagan Depag dibentuk Dirjen Pesantren Luhur dan Perguruan Tinggi. Untuk merespon program Depag tersebut, maka di Malang pada awal tahun 1960 didirikan Pesantren Luhur oleh tokoh-tokoh Islam Malang antara lain KH. Ghozali, Prof. H. Mr M. Koesnoe, KH. Usman Mansyur dan Prof. KH.  Ahmad Mudlor, SH. Ciri-ciri poko Pesantren Luhur tersebut diantaranya adalah memperdalam kitab-kitab salafiyah namun berkiprah sebagaimana perguruan tinggi, khusunya dalam merealisir Tri Darma Perguruan Tinggi.

Pesantren Luhur banyak melakukan hal di bidang pengajaran kajian kitab kuning yang biasanya dikaji oleh pesatren-pesantren salafiyah, karena santrinya adalah mahasiswa lulusan madrasah aliyah atau sederajat. Selain itu pesantren Luhur pernah mengadaka simposium nasional tentang “Ahlul Sunnah Wal Jama’ah” yang dihadiri oleh menteri agama Syaifuddin Zuhri. Pada kesempatan tersebut menteri agama melontarkan gagasan mengenai usaha mendirikan IAIN di Jawa Timur. Pada waktu itu tokoh pendiri pesantren Luhur dan rektor UNNU yaitu Prof. Dr. M. Koesnoe yang berperan sebagai tokoh umat Islam yang mana menyatakan sanggup mendirikan IAIN di Jawa Timur dengan berbagai syarat. Diantarannya tokoh-tokoh yang memenuhi syarat akademik diangkat menjadi dosen IAIN dan ijazah UNNU secara otomatis disamakan dengan ijazah IAIN. Syarat lainnya yaitu meminta bantuan tanah yang sekarang ditempati UNISMA.

Antara tahun 1965-1970 pesantren Luhur mengalami kevakuman karena angggotanya disibukkan oleh dengan pendirian IAIN dan menjadi dosen pada perguruan tinggi tersebut. Mengingat pesantren Luhur adalah milik umat, maka pesantren Luhur di hidupkan kembali oleh sebagian anggota yang lama, yaitu Prof. Dr. H. Moh. Koesnoe, Prof. Dr. KH. Ahmad Mudlor SH, Drs. H. Wiyono SH, Ust. Bukhori, Ali Budiarto, SH, Ali budiarto, SH, KH. Muhammad bin Hafidz, Ust. Assegaf, dan KH. Mujib.

Pada periode ini Pesantren Luhur juga berkiprah pada berbagai bidang seperti penyenlenggaraan Seminar Manaqib yang dihadiri oleh seluruh tokoh dan ulama’ Jawa Timur dan juga Seminar Tahlil. Pada tahun 1972 sampai 1975 pesantren Luhur mengadakan riset Sunan Giri, menyusun buku Wali Songgo dan Sunan Giri yang dicetak dan diedarkan untuk khalayak umum. Pada tahun itu Pesantren Luhur mengadakan Seminar Manaqib, yang mana hasil seminar tersebut diperbanyak oleh KH. Musta’in Romli dari Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Rejoso, Peterongan, Jombang. Selain itu Pesatren Luhur jugga berhasil menuntut pemindahan pemakaman Tionghoa yang berdekatan makam Sunan Giri, karena dikawatirkan akan dijadikan gunung Kawi ke-2 oelh orang-orang awam. Selanjutnya Pesatren Luhur memugar gunung Sekar Kedaton sebagai pusat penyebaran agama Islam yang pertama di Jawa Timur. Setelah itu pesatren Luhur berhasil mendirikan Majlis Persatuan Santri Indonesia yang ditindak lanjuti dengan pendirian STIH (Sekolah Tinggi Ilmu Hukum) di Malang. Pada tahun 1976, tokoh Pesantren Luhur dan tokoh UNSURI mengubah UNSURI menjadi UNISMA. Sejak berdirinya STIH dan UNISMA, Pesantren Luhur mulai kekurangan perhatian karena tenaga-tenaga aktif dalam dua perguan tinggi tersebut.

  1. 2.      Profil Lembaga Pesantren Tinggi Luhur Malang

Lembaga Tinggi Pesantren Luhur berada di jalan raya Sumbersari 88 Malag yang yang berada di tepi jalan raya yang kondisinya ramai. Hal tersebut mendukung aktivitas santri yang merupakan mahasiswa-mahasiswi dari berbagai universitas yang berada di Malang yang meliputi :

  1. Universitas Brawijaya
  2. Universitas Negeri Islam Malik Ibrahim
  3. Universitas Negeri Malang (UM)
  4. Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH)
  5. Politeknik Negeri Malang (POLINEMA)
  6. Universitas Muhammadiah Malang (UMM)
  7. Universitas Islam Malang (UNISMA)
  8. Universitas Merdeka Malang (UNMER)
  9. Universitas Widya Gamma Malang, Dll

Keragaman tersebut meningkatkan Solidaritas  dan triple Co. (Coownership, Codetermination, dan Coresponbility) yang merupakaan semboyan santri yang sering didengungkan oleh pengasuh LTPLM.

Secara fisik Pesantren Luhur Malang terdiri atas empat lantai , yang terdapat dua menara kembar di atasnya. Komplek putri menempati 4 lantai yang terbagi kedalam beberapa blok (blok mbak Daris, A,B,C,D,E,F, dan G). Sedangkan untuk kelompok putra menempati 4 lantai yang terbagi kedalam 5 blok (Lantai Gua Hiro, lantai 1,lantai 2, lantai 3, dan lantai 4). Pesantren Luhur Malang memiliki Masjid sebagai tempat berbagai aktivitas, seperti sholat, berjama’ah, pengajian, maupun musyawarah serta dilengkapi dengan dua aula yang berbeda di lantai dua (bersebelah dengan masjid) dan di lantai tiga (di antara kompleks putri dan kompleks putra).

Jumlah santri yang mendiami Pesantren Luhur dengan sampai bulan Januari tahun 2010 berjumlah 234 orang. Pada santri putri berjumlah 129 dan sedangkan pada santri putra sejumlah 105. Jumlah santriputri lebih mendominasi dari tahun ke tahun. Dengan demikian pembangunan dan renovasi agar Pesantren Luhur dapat berkembang menjadi lebih baik. Setiap kompleks di kompleks putri, memiliki kamar mandi dan sedangkan untuk kamar mandi putra tersedia di lantai yang paling dasar yakni lantai 1. Untuk kamar mandi di luhur mempunyai kamar mandi sebanyak 13 kamar mandi yang terdapat di kompleks-kompleks santri putri sebanyak 13 kamar mandi yang disediakan, sedangkan untuk  santri putra tersedia 8 kamar mandi yang disediakan.

Lembaga Tinggi Pesantren Luhur adalah Pesantren Salafiah yang mengkaji jitab-kitab salaf. Kegiatan pengajian yang terdapat di Pesantren Luhur malang dilaksanakan dari hari senin sampai hari Jum’at. Pengajian kitab setiap ba’da ashar dan ba’ada isya’. Pengajian kitab kuning dilaksanakan di Pesantren Luhur Malang dikaji oleh pengasuh dan dewan azatidz. Dewan azatidz adalah yang membimbing di Pesantren Luhur Malang diantaranya :

  1. Drs. KH. Mukhtar Bisri, M.Ag,
  2. Drs. KH. Chamzawi, M.Hi,
  3. Drs. KH. Badruddin, M.Hi,
  4. KH. Misbahul Munir,
  5. KH. Kholili,
  6. Drs. KH. Badrul Munir,
  7. Drs. KH. Noer Yasin, M.Hi,
  8. Drs. KH. Suwandi, M.H, dan
  9. Drs. KH. Muhammad Ma’sum Zain, M.Ag

Adapun beberapa kitab yang dikaji diantaranya :

  1. Mauidhotul Mu’minin
  2. Jawahirul Balaghoh
  3. Syarhurul hikam
  4. Irsyadul ‘Ibad
  5. Minhajul Abidin,
  6. Subulus Salam
  7. Tadzhib
  8. Qomi’ul Tughyan,
  9. Al-Luma’
  10. Asybabul Wa nadhoir,
  11. Dahlan Alfiyah
  12. Kawakibud-duriyah
  13. Ibnu Aqil
  14. Tafsir Ayatul Ahkam
  15. Daqoiqul akhbar, Riyadhus Sholihin

Pesantren Luhur Malang memiliki prosedur yang unik ketika menerima santri baru. Ada berbagai tahap yang harus dilalui oleh calon santri baru untuk dapat memasuki Pesantren. Pesantren Luhur mengadakan seleksi masuk santri baru yang akan diakan untuk menjaring santri yang akan masik di setiap tahunnya. Jumlah santri yang akan diterima akan disesuaikan dengan jumlah kamar yang kosong. Seleksi yang diadakan oleh pengurus Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang meliputi tes-tes secara struktural harus diikuti oleh calon santri baru seperti baca Al-Qur’an, tes baca kitab, tes psikologi, dan tes pengetahuan umum.

Pesantren Luhur Malang juga dilengkapi dengan koperasi, warnet yang bernama Luhur Net, kantin, warung bakso, depo pengisian air minum,  anaka buah-buahan “jus berlian”, dan konter pulsa berjalan. Dengan berbagai macam kewirausahaan yang ada di Pesantren Luhur Malang maka sumber ekonomi yang dapat disirkulasi oleh santri. Pengaturan tersebut dihandle oleh pengurus Majelis Santri Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang yang secara lagsung dibentuk oleh satriwan dan santriwati atas persetujuan Pengasuh.

Majelis Santri adalah sebuah organisasi yang terdiri atas perangkat-perangakat kerja seperti pengurus inti (ketua, sekertaris, dan bendahara) dan divisi-divisinya ( divisi peribadatan, kebersihan, perlengkapan dan pengembagan, dan kesejahtraan Rakyat). Majelis santri merupakan pengurus yang bertanggung jawab menjalakan dan mentertibkan kegiata-kegiatan pesantren agar berjalan sesuai dengan instruksi pengasuh.         Di Pesantren Luhur Malang juga ada kegiatan ekstrakulikuler yang bisa mendukung bakat seorang santriwan/santriwati dalam bidangnya. Ekstrakulikuler tersebut meliputi, Seni Kaligrafi, Luhur Jurnalistik, Sholawat Al-banjari, Sholawat Qosidah, Forkafi (Forum Kajian Fiqih) yang rutin diadakan setiap malam sabtu, dan Luhur Santri Futsal Competition yang rutin di adakan pada hari sabtu dan ahad yang mempunyai tujuan mengakrabkan dan menjaga hubungan antara santri satu dengan yang lainnya.

Pesantren Luhur adalah Pesantren yang sangat unik dan berbeda dengan Pesantren lainnya. Hal yang membedakan Pesantren Luhur dengan Pesantren lainnya adalah adanya kegiatan Halaqoh yang dilaksanakan pada setiap pagi selesai sholat subuh dan istighosah dari hari senin sampai hari sabtu. Kegiatan halaqoh inilah yang membuat santri LTPLM tidak hanya belajar agama, akan tetapi juga ilmu umum, sehingga ilmu yang dipelajari seimbang. Melalui halaqoh inilah santri menimba ilmu yang tidak dipelajari di bangku kuliah. Santri Pesantren Luhur Malang memilki keawajiban untuk mengikuti kegiatan pengajian, sholat berjam’ah, istighosah, dan halaqoh yang di adakan setia senin sampai sabtu.

Pengasuh sering menegaskan bahwa santri yang menempato pesantren selama ± 4,5 tahun, akan menjadi ahlul ma’had dan selalu mendapatkan kiriman do’a dari santri setiap hari. Dan mereka yang kurang dari 4,5 tahun di anggap sebagai alumni. Ternyata banyak sekali para alumni yang mampu menjadi “orang” yang menduduki jabatan penting, seperti rektor UNISLA Prof. Dr. KH. Ahmad Mudlor, SH, Rektor UIN Malik Ibrahim Prof. Imam Suprayogo, dan Rektor UNISMA Dr. H. Shodiqi, SH serta jabatan-jabatan penting lain seperti ketua dan anggota DPRD di berbagai kabupaten dan kotamadya di Jawa Timur.

Karena manfaat dan peran pesantern tersebut, Pesantren Luhur dinyatakan berdiri kembali oleh  beberapa tokoh antara lain, Prof. Dr. KH. Ahmad Mudlor, SH., Drs. KH. Muhktar Bisri, KH. Mujib, Drs. KH. Yahya hsan, KH. Mastur Anwar dan Bapak Sarwo Wibisono. Dari kepengurusan yang baru,  Pesantren Luhur termotivasi untuk memunculkan ide-ide seperti pembuat Yayasan Bina Pesantren Jawa Timur sekaligus membangun gedung Pesantren yang bertempatkan di jalan raya Sumbersari no 88 Malang. Pesantren Luhur juga telah mendirikan yayasan pendidikan MTS Mu’alimin Pesantren Luhur yang bertempatkan di jalan kolonel Sugiono gang 10 Mergosono Malang.

Kini Pesantren Luhur diasuh oleh Prof. Dr. KH. Ahmad Mudlor, SH. dengan beberapa orang pembina Letjend (Purn) H. Sutjipto, Drs. KH. Mukhtar Bisri, DRS H. Anwar Yoko dan kapten Syahrul Ramadhan SE, MM. Sedangkan ketua Majlis Satri untuk periode 2009/2011 saat ini dipegang oleh saudara Muhammad Ro’uf.

jalan sumbersari no 88 Malang

99 thoughts on “Pesantren Luhur Malang

  1. Assalamualaikum
    ada yg bisa d hubungi ndk dr pihak pesantren luhur, karena sy ign tau banyak ttg pesantren luhur

    Asri UIN MALIKI MALANG

    1. walkumsalam maaf baru bisa membalas Surat mail di My blog.
      Waah iya bisa ini nomernya pengurus majlis santri .
      085736032980 em mb’ mb’ jgan pgen tau aja, yaah kalau bisa jadi santri di Sni juga , , hehhee

  2. saya pingin belajar baca al quran, bisa gak saya ikut mengaji dipondok tanpa menjadi santri… misalnya boleh bagaimana caranya? terimakasih

    1. boleh boleh sangat boleh . .. !! samean datang saja ke pesantren luhur di jl. sumbersari, pasti ada yang membimbing untuk hanya mengaji kitab2 di pesantren kami . . .!! 085815175618 nabil

    1. kalau di pesantren luhur atau lebih tepatnya Lembaga Tinggi Pesantren Luhur Malang itu untuk peraturannya itu dibedakan menjadi Dua , yakni untuk perempuan dan laki-laki.
      kalau yang untuk perempuan itu.
      – Menjaga nama baik Almamater Pesantren
      – tidak boleh memakai pakaian ketat atau celana ketat
      – pulang harus dibawah jam 9 malam (jika ada kuliah malam, atau tugas kelompok harap Lapor ke keamanan)
      – wajib mengikuti – Halaqoh ilmiah, – sholat subuh berjama’ah+Istighosah, – Sholat Magrib berjama’ah+Istighosah, Pengajian Sore dan Malam.
      – wajib melaksanakan piket mingguan (biasanya sudah terjadwal)
      – kalau sudah 3 bulan menetap di pesantren , wajib hafal Istighosah. dll,

      ya itu aja mb’ yang saya tahu, cz saya bukan keamanan yang bertugas mengamankan, , 🙂
      Terima kasih . ..

    1. Celana Pensil gag boleh, ya pokoknya yang ketat2 gtu. . . hehhe
      em sepeda motor itu hnya untuk yang kuliah jauh dan mempunyai pekerjaan selain itu di titipin k UIN atau kampus yang terdekat . .
      aq santrinya . .😀

      1. saya ingin kuliah,tapi saya juga ingin mondok,selain itu saya juga ingin kerja sambilan seperti ngles privat gt……untuk bantu biaya kuliah.apa bisa saya mondok di ma’had luhur ngh…..?

  3. selamat jalan pengasuh Lembaga Tinggi Luhur Malang Prof.Dr.Kyai H. Ahmad Mudlor,S.H… semoga semua amal ibadahnya diterima Alloh,,,, semoga ilmu yang barokah dan manfaat, yang selama ini engkau berikan dapat memunculkan penerus Engkau abah….

  4. Semoga Alloh menerima amal baik beliau, dan semoga ilmu yang telah beliau berikan kepada saya bermanfaat dan membawa barokah bagi hidupku,agamaku dan akibatnya di hari kelak.Amien….

  5. . assallamualaikum .. saya mau nanya ..
    . apakah bisa saya msuk ke pesantren ini dan saya akan melanjutkan sekolah saya ke perguruan tinggi ??

  6. maaf mas mau tanya, pendaftaran santri baru di pondok luhur ini kapan ya?
    saya boleh minta nomor pengurusnya?
    terima kasih.

  7. kang sy mau tanya
    jarak pondok ma universitas negri malang jauh pa gak?
    Boleh pa gak mondok sambil kuliah?
    Rincian pembayaran pondok perbulan berapa ya?
    Kalau bawah hp boleh pa gak ya?

    1. jaraknya sekitar 2KM , insyaalloh ya deket, ,
      kalau motor harus izin dahulu ke pengurus, namun untuk santri yang baru tidak diperkenankan mas.
      bawa Hp boleh, leptop silahkan. .

      1. Assalamualaikum mas nabilusalam. Saya ingin minat sekali untuk berada di pesma. Berdasarkan keterangan yg mas nabil berikan saya rasa sdh cukup jelas. Namun saya ingin bertanya ttg biaya nya gimana perbulannya brp terus sekamar isi berapa orang mas dan untuk makan beli sendiri atau bagaimana? Nah kan saya asli saya Gresik, rencana nya saya membawa sepeda utk pergi ke kampus namun apa diperbolehkan? Terimakasih, mohon maaf sebelumnya mohon responnya ya mas hehe. Wallahul muafiq ilaa aqwamieth thoriq wassalamualaikum

  8. Assalamualaikum mas nabilusalam. Saya ingin minat sekali untuk berada di pesma. Berdasarkan keterangan yg mas nabil berikan saya rasa sdh cukup jelas. Namun saya ingin bertanya ttg biaya nya gimana perbulannya brp terus sekamar isi berapa orang mas dan untuk makan beli sendiri atau bagaimana? Nah kan saya asli saya Gresik, rencana nya saya membawa sepeda utk pergi ke kampus namun apa diperbolehkan? Terimakasih, mohon maaf sebelumnya mohon responnya ya mas hehe. Wallahul muafiq ilaa aqwamieth thoriq wassalamualaikum

    1. wa’alaikumsalam war wab.
      Alhamdulillah tulisannya telah dibaca, sampai slesae gag yah ??🙂
      kalau perbulannya itu 50rb. kl tdk membawa leptop 40rb.
      untuk makannya beli sndiri, sekamar ada isi 2 – 4 org.
      kl untuk santri baru blm d perkenankan membawa motor. 🙂 smster 5-keatas br blh, itupun harus ada izin. . .
      mau kuliah dmna de’ ??

      1. Alhamdulillah terimakasih penjelasannya ya mas. Maaf merepotkan hehe. Saya skrg lg sem.2 mas rencana nya semester 3 ingin di pesma. Saya sedang menempuh kuliah di umm mas. Apa tdk boleh bila membawa motor ya kan lumayan jauh hehe

      2. gpp dek, bagi2 apa yang sepgthuan aq aja, kalau mau yg lngkapnya, monggow ke tempat kami. hhhe
        fakultas apa dek ?? wah tak kira UB/UIN . ngeh insyaalloh gpp. tp tetep izin dulu yah . .?? biar enak.🙂

      1. Terimakasih mas. InsyaAllah kalau sdh di Malang hehe.
        Haha saya mah korban dr kedua univ tsb mas..
        Fpp mas jur. Itp
        Iya mas hihi
        Masak yg sebisa nya aja :3 wk

      2. hhhe, maasihh liburan tah >?? sampek kapan?? jgn lama2 dek, nanti bsa boses😀
        hhhwhw, yang sabar yo dek. jalan menuju sukses gag d UB/UIN aja kok😉
        Fak Partai Politik ya ?? hhhw
        masak mi dan air😀

  9. Iya hihi. Sampai tgl 21 mas
    Meskipun bosen tp kalau sm kluarga asik mas hehe
    Insyaallah mas smoga aja hehe
    Waduh pusing lak fak.partai politik saya😀
    Salah satunya😀

  10. Bentar lagi mas hihi
    Wkwk alhamdulillah enggak.
    Iya e mas hihi. Mas e sndr sudah lulus ya?
    Mas mau tanya. Spt tes baca kitab itu maksudnya maknai atau gimana mas? Trus tes pengetahuan umum itu lbh spesifiknya gimana?hehe kan buat persiapan :3

  11. Atk itu apa ya mas maaf krg tau?wkwk ;v
    Oalah kirain sdh hehe
    Apa hrs bisa baca kitab ya mas?aku nggak bisa e maknai nya :”” huhu trus gimana ya.
    Pengennya smt 3bsk mas

  12. Oalah tak kirain apa hihi
    Insyaallah mas smoga smuanya diberi kemudahan dan kelancaran sm Allah amiin
    Bingung mas belajar dimana hehe. Kalk bljr maknai kan hrs bisa nahwu shorof sm bhs arab lah sdh lupa mas trakhir kls 6 sd :”
    Oke makasih mas infonya

    1. amin amin amin ya mujibas sa’ilin. . .🙂
      hhe, belajar di temen2 ne samean aja dek, apa bljar d pesantren Luhur aja. dsni Alhamdulillah ada Madrasah Diniyah lohh. . .🙂 monggo leg samean mau. tdk ada kta trlambat loh . .

      1. Sdh sih tp kebanyakan blm bisa krn kan yg maknai biasanya gurunya gitu. Teman2 pd nyalin ditulis gt mas hehe.
        Iya kah harinya apa aja mas? Untuk semua umur kah?Pendaftaran dan biayanya brp mas? Tapi saya nggak bawa motor susah jdnya kalau kemana2 hehe

      2. owalah dek , kan ada versi lgsung maknai lngsung. bnyak kok di toko kitab di malang.🙂 setiap hari senin-jum’at dek.
        law dsni semua umur dek. tapi rata2 yang ngaji yah Mhasiswa2 gt. . naik sajadah aja dek😀

  13. Assalamualaikum saya dari surabaya kls 3smp saya ingin melanjutkan study di pondok, apa boleh membawa hp? Dan apa boleh keluar pagar jika ingin membeli pulsa?

    1. Wa”alaikusalam dek putri yang di rahmati allah swt. sebenarnya boleh2 saja membawa HP, membawa Laptop, membawa i-phone, dsb, tapi pesantren luhur malang ini adalah pesantrennya MHASISWA dek. , jadi nunggu 3thun lagi yah dek. smgat buat ujiannya. . .

  14. assalamualaikum mas, saya mau nanyak kira” dari ponpes luhur ini yg paling dekat dg universitas di malang apa ya? trus di ponpes ini apa full kegiatan atau lbih sperti asrama gtu?

  15. assalamualaikum mas, saya mau tanyak kira” dari ponpes luhur ini yg paling dekat dg universitas di malang apa aya? trus apa full kegiatan atau sbatas sperti asrama gtu?

    terimakasih

    1. Wa’alaikumsalam, UB, UIN, Univ Negeri Malang, ITN, POlinema, STIH, STIKI.
      kegiatannya di onpes dari hari senin-sabtu Setelah subuh, sore, dan malam. ngaji seperti di ponpes2 dek

  16. Assalamy’alaikum mas.. aku pengen deh daftar ke ponpes luhur, tapi dari komenan di atas katanya udah tutup.. emang gak ada gelombang kedua mas ?

  17. Assalamu’alaikum mas, Madrasah Diniyahnya apa masih buka ya?
    Untuk jadwal Senin-Jumat itu jam berapa ya?
    Terima kasih

    1. wa’alaikumsalam,
      pendaftarannya bsa sewaktu2 mbak, namun untuk tahun ajaran baru masih belum dimulai, insyaalloh kalau ada kabar, saya kabari melalui wordpress atau media yang bisa di hubungi.

  18. Assalamu’alaikum.
    Mau nanya, untuk tes pengetahuan umum itu meliputi apa ya ? trus apakah semua santri diharuskan ikut diniyah ?

  19. assalamu’alaikum. mau nanya, pengetahuan umumnya itu meliputi apa ya ? trus apakah semua santri diharus ikut diniyah ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s