Ziarah Wali 9 dan Hadrotus Syaikh KH. Asrori Al-Ishaqi

■ Pada era sekitar 1990-an, waktu itu saat menjelang perjalanan Ziarah Wali Songo. Ada seorang penderek Beliau RA

https://i2.wp.com/i3.ytimg.com/vi/2YpcJCG4kVU/mqdefault.jpg

yang memberanikan diri matur, bertanya kepada Romo YAI RA. Garis besar yang ditanyakan sebagai berikut.

“Yai, kalau nanti ini saya ikut Rombongan Ziarah Wali Songo, NIAT YANG PAS untuk saya, itu bagaimana? Kan ini ada Ziarah-nya. Lalu di Jawa Tengah juga nanti ada Majlis Haul. Kemudian di Jakarta juga ada Haul Akbar. Selain itu, sebenarnya, hingga saya bisa ikut ini semua, asal mula atau lantarannya kan karena saya ikut Yai?”

“Lalu, persisnya apa yang kamu tanyakan?” Sahut Beliau RA

“Untuk saya, yang pas itu : Niat Ziarah, atau Niat Ikut Majlis Haul, ataukah Niat Ikut Yai ?”

Kemudian dengan kalimat yang singkat namun gamblang, Romo YAI RA menjawab :

“Kalau kamu Niat Ziarah, yaa kamu akan dapat pahala dan berkahnya ziarah saja. Kalau kamu niat ikut Haul, yaa dapat berkah dan pahalanya Majlis Haul saja. TAPI KALAU KAMU NIAT IKUT SAYA, MAKA KAMU BAKAL DAPAT SEMUANYA. Sebab nyatanya saya juga kan ikut semuanya? ”

■ Keagungan serta Kemulian Pondok Pesantren As Salafi AL FITHRAH Surabaya, juga kebesaran syiar serta kemustajabahan momentum untuk berdoa, dalam Majlis Haul Akbar yang akan kita ikuti bersama itu, terlebih juga Kemuliaan para tetamu – para Habaib, para Kyai, serta segenap Wali-Allah yang tak kasat mata beserta para malaikat Allah ; semuanya itu ada dan hadir, karena lantaran ada dan hadirnya Romo YAI RA. Kita hadir pun juga tak ada lantaran lain kecuali karena Romo YAI RA.

Apa niat kita hadir? Meraih berkahnya Majlis? Menghormat serta mengamini doa para Habaib yang hadir, yang Mulia dan Dimuliakan oleh Allah itu? Atau yang lainnya?

Mengambil ibarat dari kisah di atas, barangkali, dan jika sependapat (beda pendapat pun tidak masalah) maka apabila sejak berangkat keluar dari rumah, kita memasang niat : SOWAN KE HADAPAN ROMO YAI RA, Insya Allah kita akan dapat semuanya. Haashilul-Mahshuul, Dun-yan Wa Ukhron. Aamiiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s