*** Besarnya Pengaruh Niat Dalam Diri Kita ***

Hadist Nabi tentang NiatNabi SAW bersabda (artinya) : hanya saja amal perbuatan itu butuh niat dan hanya saja setiap manusia itu tergantung pada niatnya, maka barangsiapa yang hijrah kesuatu daerah tujuan untuk Allah dan rosul-Nya maka hasil hijrah adalah kepada Allah dan rosul-Nya, dan barangsiapa yang hijrah ke suatu daerah tujuan untuk dunia atau untuk menikahi perempuan maka hasil hijrahnya adalah sesuai dengan apa yang dia tujukan.

Kita setiap hari melakukan aktifitas dan kesibukan serta pekerjaan, berangkat pagi hari dan pulang sore atau bahkan malam hari. Kalau tujuan kita keluar dari rumah hanya sekedar untuk mendapatkan harta benda dan dunia semata, maka hanya itu yang akan kita peroleh dari jerih payah kita

Kita setiap hari makan dan mnum untuk menunjang kebutuhan hidup kita dan tenaga serta energi kita. Kalau tujuan kita mengisi perut hanya sekedar untuk kenyang dan mendapatkan energi semata, maka hanya itu yang kita dapatkan dari aktifitas rutin kita

Namun,, kalau saat kita keluar dari rumah untuk bekerja dan beraktifitas, selain tujuan kita untuk mendapatkan harta benda, kita niatkan juga untuk mencari rizki yang halal nan berkah, untuk bekal ibadah kita, dan kita niatkan rizki yang kita peroleh sebagian kita sedekahkan buat saudara kita yang membuatuhkan, maka setiap langkah yang kita lakukan adalah bernilai ibadah.

Begitu juga saat kita makan dan minum, kalau kita selain untuk mendapatkan energi, kita juga niatkan agar kita bisa semangat dalam beribadah dan untuk meningkatkan ketaqwaan kita kepada Allah, maka setiap butir nasi yang masuk kedalam perut kita bernilai pahala dari Allah SWT.

Tapi juga perlu kita ingat.. kalau perbuatan dan aktifitas yang kita lakukan itu bisa menghasilkan ibadah dan pahala dari Allah SWT karena niat yang kita tanamkan didalamnya, sebaliknya amal perbuatan aktifitas kita juga bisa bernilai maksiat dan dosa yang kita peroleh karena niat yang kita sertakan didalamnya.

Oleh karena itu mari kita pandai-pandai dalam menanamkan niat dalam setiap aktifitas keseharian kita, sehingga apa yang kita lakukan semua bernilai ibadah dan mendapatkan pahal serta keridhoan Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s