UB Galang Bantuan untuk Jepang

MALANG – Bencana tsunami di Jepang menggugah rasa kemanusiaan akademisi Universitas Brawijaya (UB) Malang memberikan bantuan. Lewat salah satu lembaganya, yakni Brawijaya University International Center mencanangkan bulan amal dengan menggalang sumbangan sukarela untuk korban. Demikian disampaikan Dr. Nia Kurniawan, penggagas penggalangan dana UB.
“Sumbangan yang digalang dalam bentuk bantuan finansial ini memang muncul dari inisiatif para alumni Hiroshima University, termasuk saya. Selain itu, khususnya di kalangan perguruan tinggi di Malang, masih belum ada upaya untuk menggalang sumbangan bagi korban Tsunami Jepang.” papar dosen fakultas MIPA UB ini.
Ia juga menambahkan, banyak dosen UB merupakan alumni dari Jepang. Bahkan puluhan dosen lainnya juga masih menempuh studi di Jepang saat ini. “Ini menjadikan suatu ikatan tersendiri bagi UB dengan Jepang. Selain itu rakyat Jepang selalu menjadi yang pertama membantu pada setiap bencana yang melanda Indonesia. Mulai dari Tsunami Aceh, Gempa Yogyakarta, sampai pada Gempa Padang. ” jelasnya.
Lebih lanjut, Nia menjelaskan, penggalangan dilakukan dengan membentuk tim-tim pelaksana penggalangan dana yang terdiri dari dosen-dosen UB  alumni universitas di Jepang, mahasiswa FIB jurusan Sastra Jepang, serta eksekkutif mahasiswa UB didukung Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan.
Koordinasi penggalangan sumbangan yang sudah berlangsung selama delapan hari ini kemudian dikembangkan hingga melibatkan dosen-dosen tiap fakultas dan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) tiap fakultas.
“Bahkan kami juga membuka kesempatan apabila ada masyarakat Malang yang ingin turut berpartisipasi dalam memberikan bantuan untuk korban Gempa dan Tsunami Jepang.” Tambah Nia.
Bagi yang akan menyumbang bisa melalui rekening rektor UB Prof Yogi Sugito di nomor 0039650692 Bank Mandiri. Atau kalau misalnya ingin menyumbang langsung ke kampus UB, bisa langsung datang ke masing-masing BEM Fakultas. Hingga minggu ini sumbangan yang berhasil dikumpulkan mencapai Rp 5 Juta dan 100 dolar Hongkong.
Nia kemudian menambahkan bahwa selain program ini tidak hanya bertujuan agar bisa membantu masyarakat Jepang yang terkena musibah. Program ini juga bertujuan mengenalkan budaya Jepang pada masyarakat Indonesia sekaligus mempererat persahabatan antara masyarakat Jepang dan Indonesia.(mg4/eno)

One thought on “UB Galang Bantuan untuk Jepang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s